-->

Jenis Jenis CMS Dan Fungsinya

Rantauprapat Cyber Team

Blog Rantauprapat Cyber Team...

- Selamat datang sobat Blog Rantauprapat Cyber Team yang selalu berbagi informasi bermanfaat untuk kita semua dan sesuai judul kali ini saya akan membahas jenis jenis cms dan fungsinya, dan berikut ini saya akan menjelaskan apa itu cms beserta fungsinya, buat kamu yang belum mengetahui nya ada baiknya kamu membaca postingan ini sampai akhir ya.

Baiklah langsung saja CMS (Content Management System) adalah situs web yang menerapkan sistem berorientasi terhadap konten, sama halnya seperti blog yang saya gunakan saat ini, nah pada umumnya sebuah CMS memiliki 2 kategori yaitu bagian Front-end dan Back-end singkatnya Front-End adalah bagian dari sebuah website yang langsung dilihat oleh user atau pengguna user juga bisa langsung berinteraksi pada bagian ini. Bagian ini dibangun menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript dll dan Back-End adalah bagian belakang layar dari sebuah website biasanya bahasa pemograman yang digunaka untuk back-end development ini diantaranya adalah PHP, Ruby, Python, dan banyak lainnya.

Kecanggihan dan fitur masing-masing CMS ini bergantung pada CMS yang digunakan dan penggunaan yang juga diterapkan pada CMS dalam hak aksesnya sangat bervariasi sesuai CMS masing-masing. Dimulai dari level akses user anggotanya yang hanya dapat mengirimkan data atau konten tertentu berupa komentar, kemudian editor yang dapat mengirimkan suatu artikel ataupun berita untuk CMS yang menyediakan fitur ini, hingga level administrator yang dapat melakukan semua fitur yang ada.

Keberadaan aplikasi gratisan di Internet dan juga komunitas sumber terbuka yang semakin lama semakin menjamur juga ikut memberikan andil yang signifikan untuk menjadikan teknologi CMS ini menjadi murah dari segi harga akan tetapi dengan fitur-fitur yang juga semakin lengkap dan juga canggih. Dari segi biaya implementasi pembuatan sebuah CMS sangatlah murah apalagi jika dibandingkan dengan fitur-fitur dan kemudahan yang ditawarkan.

Dan berikut ini adalah 10 jenis jenis CMS yang tersebar di internet yang bisa kamu gunakan antara lain.
  1. Blogger
  2. Drupal
  3. Joomla
  4. Wordpress
  5. Plone
  6. VBulletin
  7. Moodle
  8. MediaWiki
  9. Osclass
  10. Opencart
Dan berikut ini fungsi cms. Fungsi utama dari sebuah CMS ialah sebagai platform ataupun aplikasi web dengan berfokus pada sebuah pengelolaan konten konten yang biasanya website atau situs yang menggunakan CMS adalah website yang yang menyajikan banyak konten ataupun artikel seperti halnya blog dan CMS juga memudahkan kita sebagai pengguna melakukan pengeditan artikel secara cepat dan mudah.

Selain diberikan kemudahan CMS juga memiliki fungsi lain yang pastinya tidak kalah penting yaitu mampu menjaga kualitas sebuah design dari website yang kita kelola dan juga pada umumnya suatu website tidak akan menyediakan administrator sebagai sarana pengelolaan web maka beda halnya dengan CMS ini, karena kamu akan mendapatkanya secara gratis. Contohnya saja salah satunya CMS WordPress admin yang cukup populer sampai saat ini.

Baiklah saya rasa cukup sampai disini postingan saya mengenai jenis jenis cms dan fungsinya, lain kali saya akan membahas tetang jenis jenis cms lebih jauh lagi, semoga apa yang saya bagikan disini bermanfaat untuk kita semua.  -Terimakasih
LihatTutupKomentar