-->

10 Situs Rekomendasi Belajar Coding Gratis

Rantauprapat Cyber Team
10 Situs Rekomendasi Belajar Coding Gratis


Halo sahabat Rantauprapat Cyber, sudah lama ya saya tidak update artikel terbaru di blog saya ini, nah kali ini saya sempatkan membuat artikel yang menarik dan mumpung saya punya waktu luang dan kebetulan juga hari ini adalah hari libur ...

Oke langsung saja ya, sesuai judul kali ini saya akan membagikan 10 Situs Rekomendasi Belajar Coding, supaya kamu lebih professional lagi dalam hal coding pasti nya.

Nah sebelum membahas saya akan memberitahukan dulu secara singkat apa itu coding yang saya kutip dari beberapa web/blog.

Coding adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemrograman baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk program. Untuk coding kita harus mengikuti sintaks-sintaks yang berlaku dibahasa program yang kita pilih.


Berikut ini adalah 10 Situs Rekomendasi Belajar Coding nya.

1. Coursera

Rantauprapat Cyber Team
Coursera


Coursera adalah sebuah website yang menawarkan beberapa kelas pemrograman setaraf mata kuliah kampus secara gratis dan memberikan sertifikat yang menyatakan bahwa kamu menguasai bahasa pemrograman.


Kamu bisa mulai membuat akun dan mulai mengambil beberapa kelas berdasarkan tanggal. Untuk kamu yang mencari kelas berdasarkan jadwalmu sendiri, Coursera adalah pilihan tepat karena hampir setiap kelas diselenggarakan dengan teratur.

Untuk mendaftarnya juga mudah, cukup dengan akun Facebook kamu.

2. Github


Rantauprapat Cyber Team
GitHub

GitHub adalah layanan penginangan web bersama untuk proyek pengembangan perangkat lunak yang menggunakan sistem pengontrol versi Git dan layanan hosting internet. Hal ini banyak digunakan untuk kode komputer.

3. Codecademy


Rantauprapat Cyber Team
Codecademy

Codecademy adalah platform interaktif online yang menawarkan kelas pengcodean gratis dalam 12 bahasa pemrograman yang berbeda termasuk Python, Java, JavaScript, Ruby, SQL, dan Sass, serta bahasa markup HTML dan CSS dll.

4. Udemy


Rantauprapat Cyber Team
Udemy

Udemy adalah salah satu penyedia kursus gratis yang mayoritas bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris. Namun kebanyakan kursus adalah berbayar, tidak sedikit Udemy memberikan juga kursus gratis dengan kualitas yang baik dan tidak kalah bagus dari yang berbayar.

5. MIT OpenCourseWare


Rantauprapat Cyber Team
MIT OpenCourseWare

MIT OpenCourseWare adalah inisiatif dari Massachusetts Institute of Technology untuk mempublikasikan semua materi pendidikan dari program sarjana dan pascasarjana tingkat online, bebas dan terbuka untuk siapa saja, di mana saja. MIT OpenCourseWare adalah publikasi materi kuliah MIT skala besar yang berbasis web.

6. edX


Rantauprapat Cyber Team
edX

edX adalah penyedia kursus online terbuka besar. Ini menjadi tuan rumah kursus tingkat universitas online dalam berbagai disiplin ilmu untuk tubuh mahasiswa di seluruh dunia, termasuk beberapa program tanpa biaya.

7. W3Schools


Rantauprapat Cyber Team
W3Schools
W3Schools adalah situs web developer informasi, dengan tutorial dan referensi yang berkaitan dengan topik pengembangan web seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, dan JQuery. Situs ini mendapatkan namanya dari singkatan untuk World Wide Web; W3 adalah numeronym dari WWW.


8. CodeSignal


Rantauprapat Cyber Team
CodeSignal

CodeSignal adalah platform penilaian berbasis keterampilan yang dioperasikan oleh perusahaan Amerika BrainFights, Inc., yang misinya adalah menemukan, mengembangkan, dan mempromosikan bakat teknis.


9. FreeCodeCamp


Rantauprapat Cyber Team
FreeCodeCamp

freeCodeCamp adalah organisasi nirlaba yang terdiri dari platform web pembelajaran interaktif, forum komunitas online, ruang obrolan, publikasi Medium dan organisasi lokal yang berniat membuat pengembangan web pembelajaran dapat diakses oleh siapa saja.

10. Code Wars

Rantauprapat Cyber Team
CodeWars

Codewars adalah komunitas pendidikan untuk pemrograman komputer. Pada platform, pengembang perangkat lunak melatih pada tantangan pemrograman yang dikenal sebagai kata. Latihan pemrograman diskrit ini melatih berbagai keterampilan dalam berbagai bahasa pemrograman, dan diselesaikan dalam IDE online.


Nah, itulah 10 Situs Rekomendasi Belajar Coding Gratis, semoga apa yang ada dalam artikel ini bermanfaat untuk kita semua.
LihatTutupKomentar