-->

16 Tahun Mengenal Wikipedia(Indonesia)

Rantauprapat Cyber Team





Selamat ulang tahun Wikipedia(Indonesia), itu lah yang terlintas di benak saya, yang mana tepat hari ini pada tanggal 30 Mei 2019 wikipedia sudah berusia 16 Tahun, sejak didirikan pada tanggal 30 Mei 2003 oleh Jimmy Wales sang penggagas wikipedia
.
Wikipedia sendiri adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia.

Rantauprapat Cyber Team
Jimmy Wales
Berikut ini biografi Jimmy Wales.

Jimmy Donal Wales (lahir di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat, 7 Agustus 1966; umur 52 tahun) adalah pendiri dan anggota dari Yayasan Wikimedia, organisasi nirlaba yang mengoperasikan proyek-proyek Wikipedia.
Wales dilahirkan di Huntsville, Alabama. Ayahnya adalah manajer toko kelontong, sementara ibunya, (Doris) dan neneknya (Erma) mengurus suatu sekolah swasta kecil yang berupa "sekolah tradisional dengan satu ruang kelas". tempat Wales bersekolah. Karena jumlah murid yang sekelas dengannya selalu hanya empat anak, pihak sekolah menyatukan murid-murid kelas satu hingga kelas empat dan kelas lima hingga kelas delapan.
Suatu artikel pada majalah Time pada tahun 2005 keliru menyebutkan bahwa Wales dididik di rumah. Sesungguhnya tidak demikian, tetapi ia memang mengatakan bahwa pengalamannya semasa sekolah "agak serupa dengan itu", karena ibu dan neneknya adalah guru-guru utama di sekolah itu. Semboyan pendidikan sekolah itu sangat dipengaruhi oleh metode Montessori, dan murid-muridnya cukup bebas memilih pelajaran yang mereka sukai. Wales mengatakan bahwa pada masa ini, ia menghabiskan berjam-jam membaca World Book Encyclopedia. Setelah lulus kelas delapan, Wales masuk Randolph School, suatu sekolah persiapan untuk masuk perguruan tinggi, yang merupakan pendukung awal gerakan penggunaan laboratorium komputer dan fasilitas teknologi lainnya untuk digunakan oleh para siswa. Wales mengatakan bahwa biaya bersekolah di sana terlalu mahal untuk keluarganya, tetapi pendidikan dianggap penting. "Keluarga saya selalu mementingkan pendidikan, suatu pendekatan yang sangat tradisional terhadap pendidikan sebagai landasan kehidupan yang baik." Ia menerima gelar sarjana dalam bidang keuangan dari Universitas Auburn dan melanjutkan pendidikannya di bidang keuangan pada Universitas Alabama dan memperoleh gelar master dalam bidang keuangan. Setelah itu, ia mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Indiana.

Itu lah biografi singkat penggagas Wikipedia,buat kamu yang ingin membaca lebih lengkap tentang Jimmy Wales kamu bisa kemari BIOGRAFI LENGKAP JIMMY WALES. nah tepat pada hari ini jika kalian membuka wikipedia, akan muncul sebuah notifikasi tampilan seperti berikut ini.

Rantauprapat Cyber Team
Yang mana pada tampilan tersebut sang penggagas mengatakan "Bayangkan sebuah dunia di mana setiap manusia mendapatkan akses secara gratis untuk setiap pengetahuan. Itulah yang kami lakukan."


LihatTutupKomentar