-->

Situs Referensi Judul Skripsi

Rantauprapat Cyber Team

Selamat datang sobat Blog Rantauprapat Cyber Team, pada postingan kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara mencari situs untuk referensi skripsi.

Kebetulan sekali bulan depan, tepat nya agustus 2019 saya sudah mulai melakukan magang kkn (kuliah kerja nyata). nah.. sebelum kkn saya dan teman teman kuliah diwajibkan untuk mengajukan judul tugas akhir/skripsi, dan pastinya buat kita yang baru memulai yang namanya mengerjakan skripsi pasti bingung untuk mencarinya judulnya, ditambah lagi setiap mahasiswa/i wajib mengajukan minimal 3 judul dan diantara ke tiga judul tersebut yang kita ajukan, dosen akan memilih salah satu diantara nya.

Blog Makmurriansyah

Seluk beluk sebagai mahasiswa tingkat akhir yang pastinya belum pernah sama sekali mengerjakan pasti pusing, apalagi kalau kita sebagai mahasiswa kuliah sambil kerja pastinya siap siap untuk membagi waktu, tenaga untuk bekerja, kkn dan mengerjakan skripsi nantinya.

Tapi cukup..!!
cukup pusing kamu sampai sini saja, karena saya akan membagikan sesuatu yang nanti nya akan membantu kamu dalam mencari judul untuk skripsi, dan saya akan membagikan referensi/rujukan dalam mencari judul melalui beberapa situs yang saya rekomendasi kan yang ada dibawah ini.

Berikut ini situs mencari referensi skripsi :

1. Google Scholar (Google Cendikia)

Blog Makmurriansyah

Google Scholar atau Google Cendekia adalah layanan yang dinaungi oleh Google, yang mana memungkinkan pengguna malakukan pencarian materi-materi pelajaran dalam berbagai format publikasi. Diluncurkan pada tanggal 20 November 2004 Google Scholar mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah yang ada di seluruh dunia yang menyediakan berbagai macam judul dan bahasa.

2. Eureka Pendidikan

Blog Makmurriansyah

Eureka Pendidikan dulu beralamat http://eurekapendidikan.blogspot.com telah berganti domain menjadi https://www.eurekapendidikan.com, nah Eureka Pendidikan adalah sebuah situs yang berisi tentang dunia pendidikan yang ditulis dalam bentuk artikel atau postingan dalam sebuah blog, di dalam postingan Eureka ini adalah  berupa pendapat ahli, kajian dari penulis ataupun pandangan mengenai dunia pendidikan bentuk opini. Situs Eureka Pendidikan ini dibuat untuk mendukung perkembangan di dunia pendidikan khususnya Pendidikan di Indonesia. Kelebihan dari Eureka Pendidikan ini adalah kamu dapat meminta artikel tertentu jika di dalam laman situsnya, sama sekali belum terdapat apa yang kamu cari, kamu bisa request dengan cara menghubungi salah satu dari dari Penulis melalui email yang ada dibawah ini.
ahmadzargon@gmail.com 

3. Library Genesis

Blog Makmurriansyah
 
Library Genesis atau biasa disebut LibGen adalah mesin pencari, bukan seperti google ya.. karena disini LibGen adalah mesin pencari yang di khusus kan untuk mencari artikel ilmiah dan buku yang menggratiskan pengguna untuk mengaksenya. Selain itu LibGen juga menyimpan berkas PDF(Portable Document Format), didalam situs LibGen ini banyak sekali terdapat berbagai macam jenis topik ataupu kategori pelajaran yang ingin kamu cari seperti tentang teknologi, matematika, komputer, geografi, kesenian, kesehatan, ekonomi, bisnis dan masih banyak lagi.

4. Microsoft Academic

Blog Makmurriansyah

Situs referensi skripsi berikut nya datang dari perusahan teknologi besar yang didirikan oleh Bill Gates, siapa lagi kalo bukan Microsoft, nah.. disini Microsoft Academic atau biasa disebut Microsoft Academic Search adalah mesin pencari seperti google scholar akan tetapi yang membedakan nya adalah Microsoft Academic ini menyediakan layanan yang lebih lengkap seperti CfP (Call For Paper) dari sejumlah konferensi / seminar terkenal, Co Author Graph, Citation Graph, dan Daftar Jurnal dan masih banyak lagi.

5. Academia

Blog Makmurriansyah

Selanjutnya Academia. Academia adalah situs web jejaring sosial komersial untuk akademisi. Platform ini dapat digunakan untuk berbagi makalah, memantau dampaknya, dan mengikuti penelitian di bidang tertentu. pendiri dari academia ini sendiri adalah Richard Price, yang mendirikan pada bulan September 2008 yang sampai sekarang tercatat sudah lebih dari 71 Juta pengguna.

6. Research Gate

Blog Makmurriansyah

ResearchGate, nah ResearchGate disini  adalah sebuah situs jejaring sosial gratis dan sebagai alat kolaborasi bagi para ilmuwan sains. Situs ini juga menyediakan berbagai aplikasi termasuk pencarian semantik (mencari seluruh abstrak), berbagi file, berbagi database publikasi, forum, tempat diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya. Jika dibandingkan dengan situs kolaborasi lainnya, ResearchGate telah mengembangkan alat pencarian Internet semantik yang mampu untuk mencari makalah penelitian dari sumber internal dan database eksternal terkenal dari berbagai macam, contohnya seperti PubMed, CiteSeer, arXiv, NASA Library dan sebagainya. ResearchGate ini juga dikembangkan untuk menganalisis kata - kata dan ungkapan yang lebih luas daripada yang biasa digunakan pada alat pencarian internet lainnya dengan cara menganalisis seluruh abstrak makalah penelitian sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih akurat.

7. OAPEN Library

Blog Makmurriansyah

OAPEN Library adalah situs perpustakaan yang berisi buku-buku akademik yang dapat diakses secara bebas, terutama di bidang humaniora dan ilmu sosial. OAPEN bekerja dengan penerbit untuk membangun koleksi buku-buku akses terbuka yang terkendali, dan menyediakan layanan bagi penerbit, perpustakaan, dan penyandang dana penelitian di bidang penyimpanan, penjaminan mutu, penyebaran, dan pelestarian digital. OAPEN Library didirikan oleh OAPEN Foundation, dimana OAPEN Foundation ini adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Belanda, dengan kantor terdaftar di Perpustakaan Nasional di Den Haag. OAPEN didedikasikan untuk membuka akses, buku-buku peer-review. OAPEN Library bekerja sama dengan penerbit untuk membangun koleksi buku akses terbuka yang dikendalikan kualitas, dan menyediakan layanan untuk penerbit, perpustakaan, dan penyandang dana penelitian di bidang diseminasi, penjaminan kualitas, dan pelestarian digital.

8. Indonesian Publication Index (IPI)

Blog Makmurriansyah

Indonesian Publication Index, jika kamu membuka situs IPI maka akan muncul pemberitahuan bahwa, dimulai 4 Juli 2018, Indeks Publikasi Indonesia (IPI) telah diakuisisi oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI) bernama GARUDA Garba Rujukan Digital (http://garuda.ristekdikti.go.id).

Portal Garuda IPI (Indonesian Publication Index) ini adalah situs penelusuran, indeksasi, abstraksi, monitoring, dan untuk peningkatan standar kualitas publikasi ilmiah yang di Indonesia. Portal ini diinisiasi oleh suatu komunitas ilmuan yang bernama Institute of Advanced Engineering and Science atau disingkat IAES, khususnya IAES Indonesian Section. IAES ini adalah merupakan suatu lembaga non-profit yang memiliki tujuan untuk memajukan keilmuan yang ada di Indonesia melalui beberapa kegiatan ilmiah termasuk publikasi ilmiah berupa jurnal, workshop, dan seminar International.

9. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Blog Makmurriansyah

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) ialah Lembaga Pemerintah Non-kementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan di dalam bidang perpustakaan yang juga memiliki fungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan, yang beralamat di Jakarta. Tepat pada tanggal 14 September 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas baru yang merupakan perpustakaan nasional tertinggi di dunia, yang memiliki visi sebagai berikut "Terwujudnya Indonesia Cerdas Melalui Gemar Membaca Dengan Memberdayakan Perpustakaan"
dan misi "Terwujudnya layanan prima." "Terwujudnya perpustakaan sebagai pelestari khazanah budaya bangsa." "Terwujudnya perpustakaan sesuai standar nasional perpustakaan."

10. Science Direct

Blog Makmurriansyah

ScienceDirect adalah situs yang menyediakan akses berlangganan kepada pengguna dan akan menampilkan data data penelitian ilmiah dan medis. Situs ini juga mengandung setidaknya lebih dari 12 juta konten dari 3.500 jurnal akademik dan juga 34.000 buku elektronik yang ada didalamnya. Jurnal-jurnalnya tersebut telah dikelompokkan menjadi 4 bagian diantaranya adalah: Physical Sciences and Engineering, Life Sciences, Health Sciences, dan Social Sciences and Humanities. Abstrak dari artikel tersedia secara gratis, akan tetapi akses teks lengkapnya (PDF dan HTML) memerlukan akun berlangganan atau bayar setiap per-unduhan.

Saya rasa cukup sampai disini dulu ya..!! Situs situs yang menjadi referensi ataupu rujukan untuk mengerjakan skripsi, semoga apa yang saya bagikan ini dapaat bermanfaat untuk kita semua.

LihatTutupKomentar