-->

Shodan, Mesin Pencari Paling Menakutkan


Rantauprapat Cyber Team, selamat datang sobat Rantauprapat Cyber Team
Hari ini saya akan mengulas tentang mesin pencari menakutkan yang bernama shodan, tapi sebelum itu saya akan menjelaskan sejarah singkatnya mesin pencari shodan ini dan mengapa disebut sebut sebagai mesin pencari paling menakutkan.

Baiklah langsung saja ya sobat. Shodan ini adalah sebuah mesin pencari yang diciptakan dan dirancang untuk mencari perangkat perangkat dan sistem komputer yang terhubung dengan internet. Situs shodan ini diluncurkan pada tahun 2008 oleh seorang programer komputer bernama John Matherly, yang memiliki ide ide untuk mencari peralatan-peralatan apa saja yang terhubung dengan Internet.

Matherly pun langsung mengetahui bahwa fakta kebanyakan perangkat perangkat dan sistem komputer yang di dunia saat ini terhubung dengan Internet, termasuk juga lampu lalu lintas, kamera keamanan atau cctv, sistem penghangat pada rumah, sistem pengendali yang ada di taman bermain, SPBU, jaringan listrik, dan PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir). Sebagian besar sistem sistem tersebut juga memiliki keamanan dan perlindungan yang lemah. Yang dapat menyebabkan kerusakan parah yang dapat terjadi jika situs ini jatuh ke tangan yang salah. situs Shodan kini hanya memberikan 10 hasil pencariannya untuk pengguna tanpa akun, dan 50 hasil pencarian untuk pengguna berakun (Terdaftar), dan semua hasil pencarian untuk para pengguna yang membayar dan bisa nya ini fitur premiaun/pro nya.

Pengguna utama mesin pencari Shodan ini adalah para profesional dalam bidang keamanan siber, para peneliti, dan para badan penegak hukum. Walaupun begitu tidak menutup kemungkinan kalau pelaku kejahatan siber juga dapat menggunakan situs ini, dan kebanyakan di antara mereka juga memiliki akses Botnet (Botnet disini ialah sekumpulan dari program program yang saling terhubung melalui dunia Internet yang dapat berkomunikasi dengan program-program sejenis dan biasanya untuk melakukan tugas tertentu) yang dapat melakukan hal yang sama seperti layaknya Shodan ini tanpa terdeteksi.

Untuk tampilan mesin pencari ini sama halnya seperti mesin pencari lain pada umum nya, hanya saja shodan memiliki fitur yang lebih canggih dan sesuai dengan julukan nya sebagai "Mesin Pencari Menakutkan" yang tidak dimiliki oleh mesin pencari lain pada umum nya seperti google dan bing, berikut ini tampilan shodan.


Nah, buat kamu yang ingin mencoba mesin pencari shodan ini kamu bisa mengunjungi link nya dibawah ini, selamat mencoba nya SHODAN.

Semoga apa yang kami bagikan disini, bermanfaat untuk kita semua.

LihatTutupKomentar